Saturday, December 1, 2012

Cara Membuat Bootable Disk Dengan USB Flashdisk

4 comments
Bagaimana tips atau cara membuat bootable disk dengan flashdisk? Atau bagaimana cara membuat XP bootable dengan flashdisk? Itulah pertanyaan yang sering disampaikan oleh mereka yang hendak membeli atau sudah mempunyai netbook/mini seperti Mini 110, Acer Aspire One Happy, EeePC 1015 PW, IdeaPad S100 759, NB520-1026G, Zyrex EP1201,dan sejenisnya dimana pada saat pembeliannya tidak disertai operating system atau disertai operating system tetapi yang tidak full. Penyebab utama kenapa menjadi penting untuk membuat disk booting lewat USB flashdisk adalah karena tidak adanya optical drive atau DVD Room di netbook dan faktor karena kita tidak mempunyai external optical drive atau dvd eksternal.

Selain lebih murah, menggunakan USB flashdisk juga lebih ringan, simpel dan praktis karena ukurannya yang kecil sehingga akan mudah dibawa kemana-mana. Setelah saya membaca informasinya dari berbagai blog yang telah menjelaskan, kemudian saya mencoba untuk membuatnya.
Hal-hal yang perlu disiapkan untuk membuat bootable Flashdisk atau membuat bootable Windows di flashdisk adalah :
- siapkan flashdisk kosong yang berukuran minimal 1 GB (karena file master Windows XP berukuran kurang dari 600 mb)
- masukkan CD Master Windows XP ke CDRoom komputer
- kemudian buatlah direktori di C:/masterXP
- lalu kopi semua file master windows XP dari CD ke folder C:/masterXP
- Download gratis file WinSetupFromUSB.exe di sini

Setelah siap, berikut ini langkah-langkah dan cara membuat bootable Flashdisk atau membuat bootable Windows XP di flashdisk :
1. Colokkan flashdisk ke komputer
2. Install file WinSetupFromUSB.exe, lalu jalankan (lihat gambar 1. di bawah ini)

membuat bootable flashdisk

3. Lalu klik tombol "browse" dan pilih lokasi penyimpanan file master windows XP Anda yang telah dibuat tadi (dalam contoh ini C:/masterXP) sehingga akan terlihat seperti gambar 2. Lalu klik OK.

Cara Membuat Bootable Flashdisk

4. Tekan tombol "RMPrep USB" dan atur pilihannya seperti Gambar 3. berikut ini :

gambar membuat bootable flashdisk
Catatan : sebaiknya USB flashdisk yang kapasitasnya kurang dari 2GB diformat dalam bentuk FAT16, dan USB flashdisk yang kapasitasnya lebih dari 4GB diformat dalam bentuk FAT32.

5. Setelah pengaturannya disesuaikan dengan Gambar 3. di atas (pilih Fat16, Boot As HDD, dan XP Bootable (NTLDR)), lalu Anda tekan tombol "Prepare Drive", untuk memulai format flashdisk.
Ketika muncul warning "RMPARTUSB DRIVE=1 NTLDR 2PTN VOLUME=...." tekan saja "OK"
Dan ketika muncul lagi warning "Drive 1 USB Flash Disk USB Device...." tekan saja "OK"

6. Anda tunggu sebentar proses format flashdisk akan selesai (akan keluar tampilan dos prompt, kemudian kembali lagi ke tampilan yang sebelumnya tadi/RMPREPUSB v.1.9.75). Lihat gambar 4. di bawah ini :

membuat bootable flashdisk

7. Anda close tampilan RMPREPUSB v.1.9.75 (tekan tombol "Exit"), kemudian kembali ke tampilan  WinSetupFromUSB lalu klik tombol "GO", sehingga proses transfer file master windows XP dari C:/masterXP ke flashdisk berjalan. Lihat gambar 5. berikut ini :

Cara Membuat Bootable Flashdisk

Tunggulah kira-kira 15 menit sampai proses transfer file selesai.

8. Setelah selesai proses transfer file, apabila ada warning tentang license agreement klik saja Agree, kemudian akan tampil warning seperti gambar 6. di bawah ini sebagai tanda akhir dari proses transfer file kemudian Anda klik OK. Lalu exit aplikasi WinSetupFromUSB.

bootable flashdisk

9. Cobalah Anda booting komputer melalui flashdisk tadi. Jangan lupa di BIOS ubah dulu setting First Boot Device via USB Flashdisk.

Demikianlah tips atau cara membuat bootable flashdisk. Selamat mencoba semoga berhasil.


 

Ditulis Oleh : Ide-cemerlang.blogspot.com ~ Tips dan Trik Blogspot

Christian angkouw Sobat sedang membaca artikel tentang Cara Membuat Bootable Disk Dengan USB Flashdisk. Oleh Admin, Sobat diperbolehkan mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya

:: Get this widget ! ::

Artikel Menarik Lain nya

4 Responses so far

  1. thanks gan saringnya , akgirnya aku bisa buat usb live cd

  2. Informasi yang sangat menarik,
    Anda ingin tahu cara memilliki flashdisk yg bisa dibuat booting 3 windows (win xp, 7 dan 8) dan banyak dipakai teknisi PC/Laptop di Indonesia ?.
    www.flashmultiboot.com

  3. Terimakasih untuk tutorialnnya. mantap

  4. Unknown says:

    Terimakasih banyak buat informasinya gan.
    Akhirnya dapet juga ilmu yang sangat berharga ini. :)

    Via : Bandung IT

Leave a Reply

 
Tweet Follow @RachmatSetio