Saturday, December 1, 2012

Cara Menaktifkan NET Framework 3.5 SP1 Di Windows 8

0 comments
net-frameworkCara mengaktifkan NET Framework 3.5 SP1 di Windows 8. Microsoft .NET Framework atau Microsoft Dot Net Framework atau yang juga dikenal dengan dot net merupakan software framework yang berjalan pada sistem operasi MS Windows. Sampai saat ini .NET Framework telah terintegrasi dengan Windows OS (mulai dari Windows XP, Windows Server 2003, Windows 7, dan Windows 8. NET Framework menyediakan sejumlah besar daftar pemrograman komputer dan mendukung beberapa bahasa pemrograman serta interoperabilitas yang baik sehingga memungkinkan bahasa pemrograman tersebut berfungsi satu dengan lain dalam pengembangan sistem. Berbeda halnya dengan tipikal aplikasi konvensional umumnya, yang ditulis dengan memanfaatkan .NET Framework berjalan pada lingkungan melalui Common Language Runtime, dan bukan perangkat keras secara langsung. Hal ini memungkinkan aplikasi yang dibuat di atas .NET Framework secara teoritis dapat berjalan pada perangkat keras apapun yang didukung oleh .NET Framework. Software NET Framework ini adalah tool utama dari Microsoft yang dimaksudkan untuk digunakan oleh aplikasi-aplikasi baru dan aplikasi-aplikasi lain yang dibuat untuk platform Windows.  (wikipedia)
Dalam perkembangannya, .NET Framework sering dikaitkan dengan versi Visual Studio yang sesuai dengan dukungan versi yang bersangkutan untuk pengembangan aplikasi. Di Windows 8, NET Framework yang terpasang dan terintegrasi setelah proses instal Windows 8 adalah NET Framework terbaru yaitu NET Framework 4.5.  Sehingga NET Framework 3.5.1. tidak secara otomatis diinstal dengan Windows 8. Untuk menjalankan aplikasi yang membutuhkan Framework. NET 3.5 pada Windows 8, maka kita harus mengaktifkan atau meng-instal NET Framework 3.5 di Windows 8. Salah satu contoh program atau aplikasi yang membutuhkan NET Framework 3.5 di WIndows 8 adalah Connectify Hotspot atau software hotspot. Saat kita meng-install software Connectify 3.7.1 (Connectify versi terbaru) di Windows 8, maka akan keluar pesan error (error ) => Microsoft .NET 3.5 SP1 is required to install and run Connectify Hotspot, Do you want to and install .Net 3.5 SP1 from www.microsoft.com?
Dari error warning tersebut, maka solusinya adalah dengan meng-instal NET Framework 3.5 SP1 di Windows 8, agar aplikasi Connectify hotspot terbaru bisa diinstal dan berjalan di Windows 8. Ada dua cara yang dapat dilakukan untuk memasang atau mengaktifkan NET Framework 3.5 SP1 di WIndows 8, dimana kedua cara ini harus dilakukan dengan koneksi .
Cara pertama untuk menginstal atau mengaktifkan NET Framework 3.5.1 di Windows 8 adalah dengan men-download NET Framework 3.5 SP1 via warning error di aplikasi yang mensyaratkan NET Framework 3.5.1 (dalam contoh ini, langsung saja klik YES dari error warning instalasi Connectify di Windows 8, kemudian tunggu proses download gratis NET Framework 3.5 sampai selesai). Lihat gambar Connectify Warning di bawah ini :
connectify-warning
Cara kedua untuk menginstal atau mengaktifkan NET Framework 3.5.1 di Windows 8 adalah dengan melakukan setting di Control Panel :
- masuk ke Control Panel, pilih Programs and Features, pilih Turn Windows features on or off, lalu klik / beri tanda centang pada Microsoft .NET Framework 3.5.1. Lalu OK.. Lihat gambar enable NET Framework 3.5.1 Windows 8 di bawah ini :
enable-netframework-3-5
- tunggu proses pengaktifan NET Framework 3.5.1 di Windows sampai selesai. Apabiia keluar warning "Windows needs files from Windows Update to finish installing some features" maka pilih => Download files from Windows Update, dan tunggu proses download NET Framework 3.5.1 sampai selesai.
- Lama atau cepatnya proses pengaktifan NET Framework 3.5.1 di Windows 8 sangat tergantung dengan kecepatan koneksi internet. Proses download update selesai akan ditandai dengan warning => Windows completed the requested changes.
-  Apabila terjadi error seperti ini : "0x800f0906: “Windows couldn't to the Internet to download necessary files. Make sure that you're connected to the Internet, and click Retry to try again.”
> berarti terjadi kesalahan pada koneksi internet, maka pastikan koneksi internet Anda stabil, dan ulangi lagi proses download Updatenya
- Apabila terjadi error sepwrti ini : "0x800F081F: “The changes could not be completed. Please reboot your and try again.”
> berarti proses update meminta sistem untuk me-restart komputer, silahkan restart komputer.
Demikianlah tips atau cara menginstal dan mengaktifkan .NET Framework 3.5.1 di Windows 8, semoga bermanfaat.

 

Ditulis Oleh : Rachmat Setio ~ Tips dan Trik Blogspot

Christian angkouw Sobat sedang membaca artikel tentang Cara Menaktifkan NET Framework 3.5 SP1 Di Windows 8. Oleh Admin, Sobat diperbolehkan mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya

:: Get this widget ! ::

Artikel Menarik Lain nya

Leave a Reply

 
Tweet Follow @RachmatSetio