Saturday, October 13, 2012

Apa Beda Internet, Extranet dan Internet

0 comments

Ide Cemerlang.com - Intranet adalah sebuah jaringan komputer berbasis protokol TCP/IP seperti internet, hanya saja di gunakan dalam internal perusahaan/kantor, dengan aplikasi berbasis web dan teknologi komunikasi data seperti internet (bahkan warung internet (warnet) pun dapat di kategorikan sebagai internet).

Jika sebuah badan usaha/bisnis/institusi mengekspose sebagian dari internal jaringan nya ke komunitas di luar, maka hal ini yang di sebut dengan ekstranet.

Antar-intranet dapat saling berkomunikasi satu dengan yang lainnya melalui sambungan internet yang memberikan tulang punggung komunikasi jarak jauh. Akan tetapi sebetulnya sebuah intranet tidak perlu sambungan luar ke internet untuk berfungsi secara benar. Intranet menggunakan semua protokol TCP/IP dan aplikasinya sehingga kita memiliki "private" internet.

Biasanya tidak semua isi intranet dikeluarkan ke publik untuk menjadikan inttranet sebagai ekstranet. Badan usaha / perusahaan dapat memblokir akses ke intranet mereka melalui router dan meletakkan firewall. Firewall adalah sebuah perangkat lunak/perangkat keras yang mengatur akses seseorang ke dalam intranet atau user di dalam jaringan lokal ke jaringan di luar.

Proteksi dilakukan melalui berbagai parameter jaringan, apakah itu dari aplikasi, IP address, nomor port, dll. Jika firewall diaktifkan maka akses dapat dikontrol sehingga kita hanya dapat mengakses sebagian saja dari intranet perusahaan tersebut.

Internet itu sendiri merupakan koneksi jaringan komputer global yang menghubungkan seluruh komputer di dunia meskipun berbeda mesin dan sistem operasi. Teknologi komunikasi data nya terdiri dari berbagai model dan platform, namun dapat saling terhubung dengan protokol TCP/IP dan aplikasi berbasis WEB.

Ditulis Oleh : Ide-cemerlang.blogspot.com ~ Tips dan Trik Blogspot

Christian angkouw Sobat sedang membaca artikel tentang Apa Beda Internet, Extranet dan Internet. Oleh Admin, Sobat diperbolehkan mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya

:: Get this widget ! ::

Artikel Menarik Lain nya

Leave a Reply

 
Tweet Follow @RachmatSetio